Tak Sesuai Kompetensi Jadi Fenomena di Dunia Kerja

Tropis GroupBLOG0 Comments

Deddy Subiantoro

Kondisi ekonomi di Kalimantan Selatan yang belum stabil memicu semakin sempitnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pakar dunia usaha di Banjarmasin, Deddy Subiantoro mengatakan, kondisi ini kurang baik karena masyarakat tidak lagi bekerja sesuai komptensinya.

“Coba lihat sekarang, banyak sekali lulusan sarjana yang kerjanya jadi office boy, satpam maupun jenis pekerjaan lain yang harusnya diisi oleh mereka yang lulusan SMP atau SMA saja,” ujar pemilik salah satu Jasa Outsorsing Tropis di Banjarmasin, Rabu (19/7/2017).

Apabila kondisi ini terus berlanjut, ia khawatir berdampak buruk terhadap lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi lulusan SMP atau SMA. Padahal, Deddy melanjutkan, lulusan sekolah menengah ini yang lebih membutuhkan pekerjaan demi menopang ekonomi keluarga.

“Untuk itulah perlu dicarikan sebuah solusi yang konkrit, agar baik itu, lulusan sarjana maupun SMP dan SMA, bisa bekerja sesuai jenjang pendidikan mereka,” kata Deddy.

 Ia menawarkan solusi ada penguatan perguruan tinggi untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih kompeten. Sebab, keberadaan SDM nantinya bisa bersaing memperebutkan peluang kerja di tengah serbuan SDM asal luar daerah.

“Sekarang ini saya lihat kesannya SDM lokal sulit bersaing memperebutkan lapangan pekerjaan dengan SDM dari luar. Hal itu karena perguruan tinggi di Kalsel belum serius mencetak lulusan siap pakai di dunia kerja,” tegasnya.

Adapun solusi kedua, Deddy meminta Pemerintah Daerah (Pemda) mendorong lebih banyak investasi masuk ke Kalimantan Selatan dengan kemudahan regulasi dan insentif. Dengan begitu, ia yakin bisa mendorong pemerimaan tenaga kerja yang lebih besar di Banua.

“Kalau penerimaan tenaga kerja banyak, tentunya para lulusan tidak perlu lagi berebut untuk mencari kerja. Jadi yang sarjana bisa mencari sesuai bidangnya, kemudian yang lulusan SD dan SMP juga demikian,” Deddy berujar.

 

Sumber: https://www.cendananews.com/2017/07/deddy-subiantoro-tak-sesuai-kompetensi-jadi-fenomena-di-dunia-kerja.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *